Gemilang Indonesia !

Logo Yayasan Sehat Cerdas Gemilang Indonesia

Pertemuan setelah sholat subuh, bagi saya dengan beberapa teman utamanya  Syamsudin, dan beberapa teman lain seperti : Widhayat, Suyanto, Zaki Jauhar, Ujang Sobari kadang menjadi sangat bermakna. Kami masih mengabdi dan berkarya pada perusahaan dan instansi masing-masing. Pertemuan yang punya probabilitas bisa dilangsungkan adalah bakda subuhan.

Diskusi berlangsung menarik, apalagi ketika hari libur. Kadang kami bicara perluasan masjid, program memakmurkan masjid, kegiatan komplek, program untuk anak-anak dan anak muda, kadang juga diskusi politik.

Sekira dua tahun lalu, obrolan kami lebih intens kearah pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Kami sepakat membuat suatu yayasan sebagai wadah formal mewujudkan buah pikiran kami. Ada 3 hal utama yang menjadi perhatian kami.

Pendidikan, Kami punya cita-cita lembaga pendidikan yang memberikan juga ketrampilan. Pada tahap awal, setidaknya kami bisa berkontribusi terhadap remaja putus sekolah. Atau remaja yang paginya kegiatannya membantu mencari nafkah buat keluarga. Sehingga hanya waktu tertentu, mereka sempat mengenyam pendidikan

Kesehatan, kami bermimpi mempunyai rumah sakit dengan biaya rendah. Untuk yang satu ini, kami memulainya dengan penyelenggaraan bakti sosial alias baksos pemeriksaan kesehatan.

Pemberdayaan masyarakat, harapannya, dengan pendidikan yang memadai dan kesehatan yang mumpuni, mereka dapat menjadi generasi yang mandiri. Bahkan dapat menciptakan lapangan kerja baru. Pada masa empowering ini, peserta juga diberikan pengetahuan dan ketrampilan kewirausahaan.

Nama wadah pun diramu khusus oleh rekan kami, Syamsudin. Yayasan Cerdas Sehat Gemilang Indonesia menjadi nama resmi lembaga formal yang menaungi dan merealisasikan buah pikiran kami. Nama jadi panjang, karena nama itu yang belum terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM yang mengurusi perijinan.

Program dan aksi awal dirintis. Karena akan lebih bermakna jika kami memulai walau itu hal kecil.Harus ada langkah dan aksi awal untuk berbuat lebih besar lagi.

Kami fokuskan kepada pemberdayaan masyarakat. Kami berharap, setidaknya ada beberapa keluarga yang mandiri dan berdaya secara ekonomi.

Dana yang akan dipinjamkan sebagai dana pemberdayaan sebesar Rp. 2,5 juta hingga Rp. 10 juta. Setiap bulan pengusaha UMKM tersebut akan melakukan pengembalian. Pengembalian akan dimulai pada bulan ke-3 atau ke-4. Pengembalian yang tanpa tambahan alias tanpa bunga.

Pendampingan juga akan dilakukan dengan pelatihan baik tentang bidang usahanya, marketing, pembuatan laporan keuangan sederhana, dll.

Saat ini dana bergulir dimanfaatkan untuk pengembangan usaha :

    • pencucian pakaian (Laundry)
    • perakitan dan perawatan PC/Laptop
    • distribusi dan pembuatan VCD/DVD
    • warung makan dan catering
    • pembuatan bed cover/sprei
    • konveksi pakaian anak-anak

Beberapa program baksos dan perbaikan sekolah terbuka, tetap dilakukan. Khusus dua kegiatan ini, kami mengerjakannya sesuai permintaan dan kemampuan dana yang ada.

Kami berharap mendapatkan dukungan doa, agar upaya kami senantiasa mendapat ridlo Illahi robbi. Kami pun punya kekuatan dan kesehatan jiwa, raga dan ekonomi.

Tentunya, kami juga menerima dengan tangan terbuka, jika pembaca dapat mengalokasikan dana berupa zakat maal atau infaq. Insya Allah, kami kelola dan salurkan dengan penuh amanah.

Semoga dengan semakin bertambahnya tabungan kami, jangkauan dan endurance kami bisa lebih mantap.

Semoga Allah SWT mencatat aksi ini sebagai salah satu amal sholeh kita.

Rekening Giro:
Bank BNI Syariah | A/C no. 099 3366 339 | Yayasan Cerdas Sehat Gemilang Indonesia