Speak to Change dan Hikmahnya

Sholat berjamaah adalah salah satu contoh terbaik dalam melatih kepemimpinan dan juga sebagai pengikut (follower) yang baik.

This is AriWAY.

Saya bersyukur suatu ketika diberi kepercayaan menjadi komandan regu gerak jalan. Pak Wasiyo atau lebih akrab dipanggil Pak Yoyok (Doa saya untuk almarhum). Beliau adalah guru kelas lima sekaligus Pembina Pramuka. Sudah 2 tahun saya masuk tim inti gerak jalan. Salah satu kegiatan prestisius anak sekolah pada jaman itu. Pasalnya, Pemerintah Kota Malang mengadakan lomba gerak jalan setiap menjelang peringatan hari ulang tahun kota. Diikuti hampir seluruh sekolah setingkat SD, SMP, SMA di Kota Malang. Pada hari penyelenggaraan, Kota Malang berwarna warni. Bendera, umbul-umbul, kain rentang plus seragam peserta yang membuat semarak Kota Apel itu. Perhelatan lomba itu seakan daya tarik tersendiri bagi warga kota. Hiburan gratis.

Khusus team SD Cor Jesu, Suster Melanie selaku kepala sekolah punya kebijakan tersendiri. Anggota tim harus punya prestasi akdemik yang baik. Hanya boleh diikuti siswa kelas 5 dan 6. Terseleksi 50 orang dari 300 siswa. 25 untuk Tim Putra. 25 lagi untuk Tim Putri. Syarat itu bukan tanpa alasan. Selama sebulan penuh, kami digembleng di area Tembalangan. Tentunya meninggalkan jam pelajaran. Tapi prestasi sekolah tidak boleh keteteran. Prestasi harus tetap moncer. Fisik juga tetap fit.

Rasa syukur itu bertambah dengan kebanggaan. Kami 2 tahun berturut menyabet juara tingkat SD se Kota Malang. Di samping itu, saya pun mulai berani bicara di depan umum dengan pede. Mau tidak mau saya harus berbicara di depan tim. Melakukan pengarahan atau hal lain sebagai penyambung pesan Pak Yoyok, Sang Pelatih. Sejak saat itulah saya acapkali mengambil peran di depan.

Pengalaman masa kecil itu hingga beberapa rentetan peristia setelahnya melintas di benak saya, ketika membaca buku ‘Speak to Change’ karya Pak Jamil Azzaini. Salah satu guru yang dikirimkan Allah kepada saya. Banyak hal dikemukakan tentang bagaimana kemampuan bicara itu bisa memberikan perubahan. Saya ingin lebih menekankan pada pokok bahasan ‘Manfaat Bicara”.

 

Self improvement.

Saya yakin setiap individu punya keunikan. Khusus hal bicara juga demikian. Bagi saya yang dulunya dapat dikatakan pendiam, ketika dipaksa harus bicara, mau tidak mau harus dilakukan. Berani ngomong saja sudah OK. Tapi setelah diberikan latihan sedikit dan meniru yang dilakukan Pak Yoyok atau guru yang lain, saya pun bisa meningkatkan kemampuan diri lebih baik lagi. Saya pun lebih banyak dikenal orang. Kalau yang ini nampak ge er sedikit ya.

 

Mengubah orang.

Alhamdulillaah, hampir setiap kelas hingga kuliah, saya dipercaya menjadi ketua kelas. Bahkan ketika kuliah ditunjuk jadi Danki (baca : komandan kompi) untuk mahasiswa Fakultas Teknik UB angkatan 1989. Ketika menjadi orang yang ditunggu bicaranya, maka saya pun mulai memilih kata atau kalimat yang tepat. Apalagi ketika diminta memberikan masukan dan memompa semangat seorang teman yang hampir terkenan DO. Drop out karena prestasinya cenderung menurun. Ternyata dengan pilihan kalimat dan momen yang pas, bisa mengubah pola pikir dan pola hidup. Puji syukur, seijin Allah SWT, ia pun berubah menjadi mahasiswa yang lolos kualifikasi. Ia pun lulus dan punya keahlian khusus. Kini ia menjadi salah satu alumni yang membanggakan almamater kami.

 

Networking.

Kegemaran suka berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada perguruan tinggi atau perusahaan lain, telah memberikan kesan tersendiri bagi orang lain. Saya tidak menyangka pernah mendapat telepon dari seseorang agar saya berkenan menjadi nara sumber. Penelpon ternyata salah satu peserta beberapa bulan sebelumnya. Ia terkesan dan ingin mendapatkan hal serupa untuk timnya. Hal itu juga berlangsung beberapa kali dengan orang yang berbeda. Bahkan pernah diundang interview karena pejabat perusahaan ini menjadi peserta salah satu seminar saya. Kemampuan bicara saya menambah teman bahkan saudara.

 

Passive Pahala.

Saya suatu ketika bertemu dengan mantan teman kerja di salah satu perusahaan. Ia ternyata menjadi pengusaha. Beberapa koleganya malah menyebutnya pengusaha sukses. Ia dengan semangat menceritakan perjalanan usahanya. Ada hal yang membuat saya trenyuh. Beliau mengungkapkan :

“Pak Haji (beliau selalu memanggil saya dengan sebutan itu), masih ingat 8 tahun lalu, ketika itu kita berdiskusi beberapa kali. Apa yang Pak Haji sampaikan, saya terapkan pada perusahaan yang saya bangun. Alhamdulillaah, jadinya seperti ini”.

Ya Allah, saya pun sudah lupa tepatnya kapan. Memang beberapa tahun lalu, saya intens diminta mendampingi proses pengembangan usahanya. Saya pun lama tidak kontak fisik lama sekali karena pindah pekerjaan dan bermigrasi ke Medan. Ternyata ide kecil itu diterapkannya. Semoga Allah mencatatnya sebagai amal sholeh.

 

Menciptakan Mesin Uang.

Pernah suatu ketika saya menjadi pembicara karena direkomendasikan oleh orang lain. Pemberi rekomendasi adalah orang yang sering menyimak tulisan saya. Pun beliau beberapa kali menikmati sesi pelatihan yang saya bawakan. Saya takjub ketika disodori kontrak yang nilainya seperempat gaji saya sebagai karyawan. Padahal ketika itu saya hanya diminta mengisi 4 sesi atau selama 8 jam. Subhanallaah.

Saya pun tambah terlecut untuk menerbitkan ide dan tulisan saya menjadi buku. Mohon doanya ya, semoga bisa segera terbit. Berharap menajdi ladang amal yang lain.

 

Masih banyak butiran hikmah dan bagaimana kita dibimbing dan disemangati Pak Jamil dalam bukunya. Guidance untuk menjadikan kemampuan bicara kita yang dapat mengubah.

“Semua orang yang mau naik kelas, wajib bicara” (Jamil Azzaini)

Bicara kita adalah ide yang menggerakkan, baik tim atau masyarakat. Bahkan bukan tidak mungkin, mampu memberikan kontribusi positif untuk membangun negeri yang kita cintai ini, Indonesia.

Tak lupa senantiasa memanjatkan doa :

“Ya Rabb-ku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”

(QS. Thaha : 25-28)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *