Ikhtiar Membumikan Ilmu SCM

Cost killer_C-REV-1

Hampir 2 tahun ini, saya mencoba menuangkan dan menggabungkan ilmu yang pernah diberikan Allah SWT melalui guru-guru saya dengan pengalaman langsung di lapangan.

Ya, ilmu SCM, supply chain management. Banyak juga disebut manajemen logistik yang lebih luas.

Alhamdulillaah, bisa menjadi sebuah buku. Insya Allah akan terbit dan berada di toko buku Gramedia, pada akhir Maret 2017 ini.

‘Cost Killer’

Panduan 3 Langkah Besar Melakukan Penghematan Biaya dengan Pendekatan Terobosan pada Proses Bisnis

Mohon doa restunya, agar proses editing, pencetakan, dan distribusinya lancar.

Berikut sokongan dari beberapa rekan sejawat. Terima kasih atas dukungannya.

“Mengelola biaya dengan tepat bisa melesatkan profit. Buku yang ditulis berdasarkan pengalaman sejalan dengan teori para ahli ini sangat pas bagi Anda yang tidak ingin perusahaannya banyak mengalami kebocoran atau pemborosan yang tidak perlu.”

*Jamil Azzaini, CEO Kubik Leadership

 

“Buku ini luar biasa. Bisa jadi panduan pelaku bisnis, terutama yang bergerak di bidang produksi. Trik-trik menarik dan mudah yang bisa dicoba, pasti Anda akan merasakan aura suksesnya…”
*Temmi Wahyuni, Owner Nibras Group | www.rumahnibras.com

“Biaya perlu dicermati. Pembengkakan bisa membuat harga tidak kompetitif. Apalagi bagi industri kecil seperti kami. Upaya terobosan yang dicontohkan di buku ini, sangat membantu”.
*Unang Supriadi, Pengusaha UKM Garmen dan Seragam | www.rumahjahit.com

“Jika Anda ingin memangkas biaya-biaya yang tidak perlu dalam bisnis Anda, silahkan baca buku ini !!”
*Davied Verronica, Owner Smart Travel dan People Development Trainer

“Pengalaman panjang di dunia industri yang telah dijalani penulis, Mas Ari Wijaya, membuat buku yang berat ini menjadi ringan karena sarat contoh dan penerapannya, tidak sekedar teori”.
*Awang Surya, Pengusaha Kuliner, Dosen, sekaligus Penulis Buku | www.awangsurya.com

“Fungsi pengadaan (dan pembelian) selama ini dipandang sebelah mata dalam suatu organisasi. Bila kita melihat proses Supply Chain secara keseluruhan, tidak mungkin terjadi aliran produk ke pelanggan tanpa adanya proses pengadaan. Istilah Supply Chain sendiri, atau Rantai Pasok, menunjukkan adanya kegiatan pemasokan dari supplier (pemasok). Pemasok baru dapat mengirimkan barangnya setelah proses pengadaan dimulai. Sdr. Ari mengungkapkan secara gamblang pentingnya proses pengadaan dalam suatu organisasi dan pentingnya membina hubungan dengan pemasok, karena pemasok adalah mitra. Didukung dengan pengalaman kerja di bidang pengadaan, Sdr. Ari membuktikan pentingnya melakukan terobosan perbaikan proses bisnis, yang langsung dirasakan dampaknya oleh perusahaan baik berupa perbaikan kinerja pelayanan pelanggan maupun keuntungan. Dalam tulisannya, Sdr. Ari mendorong pembaca untuk tidak takut melakukan terobosan, walaupun kelihatannya kecil. Dengan mulai melakukan perbaikan yang nampaknya kecil, maka akan berkembang menjadi perbaikan yang lebih besar, yang hasil akhirnya akan memberikan dampak positif yang luar biasa besar bagi organisasi”.

*Ir. Harry Purwoko MM, MBA, CSLP. Direktur Program Sembada Pratama, School of Supply Chain.

“Cost Effective is key success to win competition. Situasi ketidakpastian ekonomi yang berdampak pada ketidakpastian iklim bisnis membuat pengusaha harus mencari terobosan. Efisien biaya dan re-engineering bisnis proses adalah strategi bertahan, minimalisir risiko bisnis dan sekaligus menjadi pemenang. Mas Ari Wijaya mempermudah konsep ini dan membuatnya gamblang mudah dicerna serta bisa langsung dipraktekkan.”
*Ferry Hermansyah, Praktisi Bisnis, Founder Leadership Nasional, Konsultan dan Trainer Strategi Bisnis & Manajemen Risiko. | www.leadershiptravel.co.id, www.lnkonsultan.com

“Pada saat perusahaan tumbuh semakin besar, perusahaan akan dihadapkan dengan adanya kebutuhan untuk bisa melakukan pembelian tepat waktu, tepat mutu dan tepat harga. Di sinilah peran dari kegiatan strategic sourcing diperlukan. Buku ini memberikan banyak contoh kegiatan pengadaan barang dan jasa termasuk strategic sourcing yang bagus untuk referensi para pembacanya”.
*Satrio Daru Sasongko, Praktisi Pengembangan Usaha, Jakarta.

“Apa yang ditulis oleh Pak Ari Wijaya ini adalah hal-hal yang lazim dialami oleh banyak perusahaan. Beliau mencoba mengajak pelaku bisnis untuk berpikir lebih cerdas memanfaatkan berbagai celah dalam menekan biaya yang pada gilirannya akan meningkatkan profit. Tulisan yang sangat patut Anda baca.”
*Zaki Jauhar, CEO of Nibras Group, Former CEO of PT. Sofyan Hotels, Tbk.

‘Tujuan perusahaan baik skala Mikro maupun Raksasa Bisnis adalah Profit. Hal ini dilakukan dengan memberi Nilai Tambah pada produk dan jasanya. Lalu bagaimana dengan biayanya? bukankah makin besar? Buku ini menunjukkan bahwa Anda dan perusahaan Anda dapat tetap menjaga atau menaikkan kualitas bahkan ketika Anda menurunkan biaya. Berdasar hands on experience belasan tahun dan passion yang besar untuk bisnis yang lebih efektif dan efisien, Mas Ari Wijaya menyajikannya sepenuh hati untuk Anda. Jangan hanya baca, praktekkan dan buktikan hasilnya!”
*Wirzal Taufiq, Owner EO & Training Provider : Pranala Magni Daya sekaligus Value Awareness Coach

“Mendapatkan HPP (Harga Pokok Produksi) yang rendah merupakan target usaha dari setiap UKM agar mendapatkan margin laba yang lebih baik. Penulis sangat piawai memaparkan konsep yang sederhana serta efektif agar tujuan tercapai yaitu HPP yang optimal. Saya menyarankan agar setiap pelaku UKM dapat meluangkan waktu sejenak agar dapat memahami konsep yang ditawarkan Penulis sekaligus sarana kontemplasi menikmati gaya penulisan yang mengalir. Semoga Penulis dapat melahirkan karya-karya selanjutnya, yang akan selalu menginspirasi para Pelaku UKM…”
*Pricahyo Bea Examinanto, Pengembang Perumahan & Apartemen Syariah

“Suatu buku yang sangat baik untuk para mahasiswa yang tertarik ke dunia Supply Chain Management dan para praktisi SCM untuk mengurangi biaya pengadaan tanpa merugikan para vendor yang terlibat. Tulisan yang terkandung di dalam buku ini sangat mudah untuk dipahami dan sangat praktis. Tentu saja, karena tulisan tersebut mengandung teori dan terapan praktis berdasarkan pengalaman penulisnya. Besar harapan , ide-ide yang terkandung dalam buku “best praktis” ini dapat ditransformasikan menjadi produk / aplikasi fintech agar dapat digunakan di semua industri dengan cepat”.
*Insan Kurniawan, ST., MM. Pemerhati Supply Chain Management. Owner FRID-UKM Flame Retardant Indonesia.

“Buku ini sangat bermanfaat bagi sebuah organisasi yang sedang berkembang maupun yang sedang dalam titik jenuh untuk melakukan cost efficiency dan mengembangkan nilai bisnis organisasi. Berisi trik-trik pengelolaan bisnis yang menarik dan patut dicoba oleh para pelaku bisnis”.
*Retno Mardiningsih, Pemilik & Direktur Kasaba Pratama, Komisaris Spice Agro International, Pengusaha Bidang Ekpor Komoditi Pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *