Proven !

Proven !

Baru saja ada yang menerima momen membahagiakan. Jadi juara. Ada juga yang sedih bercampur kecewa karena hasil karya belum optimal. Tak sesuai harapan. Wajar saja. Tapi semua itu, jangan sampai berlebihan.

Apa pun itu, hari ini pembuktian awal yang baik. Perubahan itu terjadi ketika kita memulainya. Nggak peduli itu langkah besar atau langkah sepele. Kita semua menjadi saksinya. Value creation yang dihasilkan juga dahsyat.

Perubahan besar memang perlu hal yang kecil, melakukan langkah pertama. Memulainya !

The Beckhard Harris Change Model mengemukan rumus sederhana :

C = D x V x Fs.

Dalam hal ini :

C adalah Change. D adalah Dissatisfaction.  V adalah Vision. Fs adalah First Step.

“Perubahan hanya bisa terjadi apabila ada ketidakpuasaan, adanya visi yang jelas dan yang  tak kalah penting adalah langkah pertama untuk melakukan sesuatu”

Rumus itu berbentuk perkalian. Sekedar mengingatkan pelajara matematika, dengan bentuk persamaan seperti itu, maka semua faktor harus lebih besar daripada NOL. Apabila salah satunya nol maka perubahan tidak akan terjadi. Oleh karena seluruh faktor D, V dan FS harus ada. Kalau salah satunya angkanya nol, maka hasilnya nol. Betul ?

Dissatisfaction. Ketidakpuasan akan mendorong perubahan. Bukan rahasia lagi,  kenyamanan akan membuat seseorang enggan berubah. Dengan kata lain, ketidakpuasaan akan mendorong orang melakukan sesuatu sementara kenyamanan mendorong orang untuk ketagihan menikmati apa yang ada.

Untuk itu, apabila Anda ingin memiliki semangat berubah ciptakan ketidaknyaman dan ketidakpuasaan dalam bidang yang Anda tekuni. Misalnya sebagai pebisnis, Anda menyadari bahwa dunia berubah dengan arah yang sulit diduga. Banyak bisnis lain yang berkembang pesat. Sedangkan bisnis yang ditekuni saat ini, berjalan lambat. Cenderung turun. Inovasi mendeg. Perlu perubahan mendasar dan lebih cepat.

Jika sebagai karyawan, ternyata banyak pengetahuan yang baru dan perubahannya begitu cepat. Anak muda sebagai tenaga kerja baru pun, bermunculan dengan talenta yang sesuai dengan tuntutan zaman. Kita pun perlu segera melakukan penyesuaian.

Vision. Punya visi yang jelas agar arah perubahannya juga jelas dan juga mengikuti perkembangan zaman.

First Step. Segera lakukan langkah pertama, memulai! Karena itu akan menjadi stimulus bagi langkah-langkah yang lain.

Saya sangat yakin, sahabat semua telah membuktikannya. Proven !

Melakukan langkah awal, dan  ada yang telah berlari. Selamat !

Mari terus berkarya. Mari kita rawat semangat ketidaknyamanan. Semangat melakukan perubahan. Semoga sedikit karsa dan karya kita berkontribusi menjadikan kita, perusahaan tempat kita bekerja dan juga negeri yang kita cintai ini, menjadi pendekar pilih tanding. Memenangkan persaingan !

 

#key #limamodalkunci #persaingan #CIP #UIIA2018

Silahkan share jika bermanfaat!
  • 13
    Shares

Leave a Reply

five + seventeen =