Harga yang Pantas

“Lho, harga telur yang kamu beli kok lebih mahal ?”, begitu suatu ketika saya ditegur ibu saya.

Peristiwa terjadi ketika mendadak ada kebutuhan kenduri. Kami kekurangan telur. Perlu tambahan pembelian. Saya pun tak berpikir panjang. Saya langsung beli di warung tidak jauh dari rumah. Tanpa perencanaan yang matang. Kurang sadar biaya.

Itu teguran yang normal, menurut saya. Memang faktanya, ibu pernah mendapatkan jumlah yang sama dengan uang yang lebih sedikit. Telur yang dibeli biasanya lebih murah.

Itu bisa terjadi dengan berbagai sebab. Perubahan harga dari pemasok. Atau kita membeli dalam jumlah lebih sedikit. Kemampuan negosiasi yang masih lemah. Tidak membeli pada tempat yang pas. Dan masih banyak penyebab lainnya.

Padahal situasi seperti itu tidak mengenakkan, bukan ? Apalagi ketika kita dalam kondisi keterbatasan.

Sebagai karyawan, setiap bulan saya mendapatkan penghasilan yang relatif sama. Kadang naik, ketika mendapatkan bonus, tunjangan khusus atau profesional fee sebagai trainer. Tentunya akan mirip seperti sahabat yang saat ini jalur rezekinya idem ditto. Jalur karyawan, bukan pengusaha.

Pengusaha ada bedanya. Ia bisa mendapatkan yang jauh lebih besar. Namun, entrepreneur juga ada kemungkinan mendapatkan hasil yang relatif sama tiap bulan. Satgnan. Atau bahkan, ada dalam kondisi menurunnya pendapatan. Anjloknya revenue.

Apa pun situasinya, bisa mengundang bahaya. Alert ? Tidak boleh terlena. Ya, benar. Terlebih jika dibarengi dengan perilaku terhadap cost alias biaya yang sembrono. Pengeluaran tidak dikendalikan dengan baik.

Misal, karena ingin dapat order yang besar, maka dilakukan upaya yang luar biasa. Membeli bahan baku tanpa perencanaan. Melakukan overtime yang tidak sepadan.

Hal itu bisa menyebabkan tidak diperoleh harga yang pantas. Kenapa ?

Ketika membeli tanpa rencana ada kemungkinan harga lebih tinggi. Melambung. Pas overtime untuk menggenjot produksi, produktivitas malah turun. Biaya membengkak.

Sebaliknya, jika harga pantas setidaknya biaya masih stabil. Bahkan punya potensi dipangkas. Profit menjadi bertambah.

Saya yakin anda ingin mendapatkan harga yang pantas bukan ?

Mau ?

Silakan kirim WA via : 08111661766 atau melalui email : ariwijaya@gmail.com untuk dapat berdiskusi lebih dalam.

Atau jika berkenan, bisa bergabung dengan FB group :

https://www.facebook.com/groups/1142862102437435/?fref=ts

Selamat berkarya dan salam hangat,

This is AriWay

www.ariwijaya.com

Jika sahabat memperoleh manfaat dari buah pena ini, silakan dibagikan kepada relasi, kolega lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *