Mimpi dan Mencoba

Mimpi dan Mencoba

“Wah, apa ya…. sepertinya mengalir aja tuh. Modal nekat dan semangat. Sembari terus cari jalan buat mencapai mimpi”.

Itulah komentar yang terlontar pertama kali ketika saya minta pendapat dan pengalamannya saat bisa berkarir di luar negeri kepada teman saya semasa SMA dan kuliah ini. Charis Soeharto, namanya.

“Kalau dulu punya mimpi pingin sekolah di luar negeri. Aku coba ikut program STAID, ee..nggak lolos,” tambahnya.

Program STAID atau Science and Technology for Industrian Development dicetuskan Prof. BJ Habibie. Program pengembangan SDM yang merekrut siswa SMA terbaik di seluruh Indonesia untuk mengenyam pendidikan S1 di luar negeri. Anak dokter yang bersahaja ini tak mengubur mimpinya. Ia terus mencoba untuk bekerja di perusahaan asing. Atau setidaknya perusahaan yang berafiliasi dengan perusahaan asing. Siapa tahu ada kesempatan program pelatihan atau sekolah lanjut di luar negeri. Mimpinya pergi ke luar negeri tak pernah dihilangkan.

Alhamdulillah akhirnya kesempatan itu datang juga. Ia bekerja di perusahaan asing. Charis pun memulai perjuangannya. Ia menambah kompetensi dan kapasitasnya. Hingga ia mendapat pengakuan dari kolega dan atasannya. Ia bersyukur dipertemukan Allah SWT dengan mentor berkebangsaan Jepang. Orang Jepang itu pun hingga kini sudah ia anggap sebagai Bapak Angkat. Rupanya Sang mentor inilah yang kemudian ‘mengusir’ Charis Soeharto dari Indonesia.

“Charis, tempatmu bukan di sini kamu harus keluar. Kenapa harus takut? Ingat, semua manusia sama. Semua harus COBA. Kalau tidak pernah mencoba, kamu tidak akan pernah tahu,” tukas atasannya itu.

Sampai saat ini ada 2 kata kunci yang selalu ia ingat: MIMPI dan COBA. Kini ia selalu rajin membagikannya kepada siapa saja terutama mahasiswa Indonesia yang menemuinya di Singapura.

Ah.. jadi ingat nasihat Bung Karno :

“Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”

Di penghujung obrolan, ia menambahkan bahwa ada satu lagi yang terpenting,. Apa itu ? Doa dan restu dari Ibu. Masya Allah. Ia sangat terkesan dan ingat almarhumah ibunya yang selalu memberi wejangan dan doa bagi ia dan saudaranya.

Charis Soeharto saat ini menduduki posisi Direktur. Posisi puncak pada perusahaan jasa engineering terintegrasi, Asia Project Engineering, Pte. Ltd. Perusahaan multi nasional Jepang yang lebih dikenal dengan APECO yang bermarkas di Singapura. Ia memimpin tim yang multi ras, suku dan agama.

 

 

3 Replies to “Mimpi dan Mencoba”

  1. Mantaps….inpriring pak Ari….
    Sudah lama tidak membaca tulisan tulisan inspirasi dari bapak…
    Ditunggu tulisan yg lainnya…
    Salam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *