Pastikan Dia Ada

no standard no improvement

Sepekan lalu, saya berkesempatan bertukar pikiran dengan salah satu pejabat di organisasi non-profit. Perempuan muda itu ternyata mengenal saya dari media sosial. Surprise juga. Diskusi by whatsapp dilanjutkan dengan temu muka untuk menggali kebutuhannya.

Kegundahannya adalah organisasi tempat ia bernaung belum memiliki proses bisnis. Uniknya prosedur dan dokumen turunan lainnya lengkap. Sebenarnya, ia punya proses bisnis, buktinya bisa punya prosedur. Proses bisnisnya memang belum didokumentasikan. Ada dibenak beberapa orang kunci saja. Alhasil, ketika melakukan perubahan, terkesan tidak terarah. Anggota tim juga tidak serempak sejalan.

Saya salut dengan ide pejabat beserta timnya. Mereka set back. Mundur sejenak untuk maju. Ia meminta saya dan tim untuk melakukan lokakarya singkat tentang bagaimana merumuskan proses bisnis. Sekaligus memberikan beberapa contoh nyata dan latihan langsung sesuai dokumen yang mereka miliki. Aksi ini bukannya tanpa risiko. Risiko utama adalah ketika ada prosedur yang tidak sesuai dengan proses bisnis yang akan dikembangkan ini, maka harus juga dibongkar. Butuh komitmen kuat. Endurance yang prima. Sebuah keputusan yang tidak mudah. Namun, itu memang harus dilakukan. Terlebih output organisasi mereka juga menentukan kebijakan-kebijakan negeri ini.

Merek sadar, proses bisnis itu bisa dijadikan pijakan untuk melakukan perubahan. Perbaikan berkesinambungan.

Bapaknya Lean Manufacturing atau Toyota Production System, Taiichi Ohno, mengatakan :

“Where there is no standard, there can be no improvement”

Itu tadi organaisasi non-profit, lho. Bagaimana dengan perusahaan ? Organisasi yang profit oriented ? Proses bisnis harus ada. Ia bisa dijadikan pijakan memberikan response terhadap persaingan.

Pastikan dia ada, sahabat ! Rumuskan dan dokumentasikan. Meski kita harus berhenti sejenak, bahkan melangkah mundur sekali pun. Setelahnya, ia akan jadi acuan untuk tancap gas lagi. Melaju pesat !

Tunggu apa lagi ?

Jika sahabat ingin berdiskusi lebih jauh, silakan kontak melalui WA saya di : 081 1166 1766.

Atau mengikuti diskusi di Forum Terobosan dalam Proses Bisnis pada Facebook Group :

https://www.facebook.com/groups/1142862102437435/?fref=ts

Salam Terobosan ! Ayo terus berkarya untuk negeri ini, Indonesia !

This is AriWAY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *