Lebih Baik Susah

susah dahulu

Rekan saya berbunga-bunga, ia baru saja mendapatkan harga bahan mentah yang jauh lebih murah dari biasanya. Padahal, ketika itu harga migas sebagai indikator raw material price, masih stabil. Tidak ada penurunan. Walhasil, ia pun meraup keuntungan lebih besar. Belum lagi tambahan pelanggan baru. Sobat saya ini adalah pengusaha sedotan. Drinking straw.

“Mas, suwun yo. Ilmunya sudah aku pakai. Cespleng. Aku dapat harga miring (baca : lebih murah) ini !”, ujarnya di ujung telepon.

“Lumayan ini dapat untung gedean dikit”, sambungnya.

“Terus aku dapat pelanggan baru. Aku kasih harga perkenalan yang agak miring dikit. Lha, kok aku dikasih kontrak tiga bulan. Puji Tuhan !”, tukasnya dengan nada suara yang renyah. Nampak bahagia banget.

Mau tahu kenapa ?

Ia melakukan perencanaan pembelian dengan lebih baik. Sang pengusaha sobat saya ini, punya 3 pabrik kecil di beberapa tempat berbeda. Pengusaha sedotan ini juga berkolaborasi dengan beberapa rekan sejawatnya. Ia melakukan consolidated quantity. Jumlah bijih plastik yang akan diorder jauh lebih besar jadinya. Ia sebagai lead buyer melakukan kontak dengan pemasok. Syarat dan ketentuan pun telah dia pegang termasuk tatacara pengiriman, tempat pengiriman dan tentunya harga. Memang ia belum bisa tembus ke produsen langsung. Namun, setidaknya ia telah memotong 1-2 jalur distribusi sang produsen. Ia melaporkan bahwa saving dari plastic resin pellet saja ia peroleh sebesar 4,3%.

Upaya itu memang susah pada tahap awalnya. Data, komunikasi dengan sejawat yang sekaligus pesaing sebenarnya, sangat memakan energi. Lebih baik susah pada tahap awal dari pada kesulitan saat akhir.

Mau susah dulu di awal ?

Mari kita retas lagi proses bisnis. Ternyata, selalu ada peluang di dalamnya.

Jika tertarik, silakan menyebarkan menybuah pena ini kepada yang lain. Dan jangan lupa terus menyimak paparan saya dan berdiskusi lebih lanjut melalui Facebook Group di :

https://www.facebook.com/groups/1142862102437435/?fref=ts

Salam Terobosan ! Terus berkarya demi bangsa !

This is AriWAY

WA : 081 1166 1766

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *