Silaturahim Nasional

Silaturahim Nasional

Sering didengar dan disebut kata alumni. Sesuai KBBI, alumni adalah orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi. Alumni memiliki posisi dan peran strategis. Tak terkecuali alumni perguruan tinggi.

Perguruan tinggi sebagai almamater dengan alumninya dapat bersimbiosis mutualisma. Keduanya, jika memiliki hubungan yang sangat kuat, bisa saling menguntungkan dan saling mendapatkan manfaat kebaikan.

Alumni secara tidak langsung bisa berperan sebagai sales promotion person. Alumni adalah show chase, contoh nyata almamaternya. Alumni menjadi daya tarik bahkan bisa menarik calon mahasiswa masuk kuliah di kampus almamaternya.

Alumni juga menjadi titik fokus yang strategis oleh masyarakat karena dilihat dan berinteraksi langsung dengan lingkungannya di tengah masyarakat. Pun, dengan lembaga lain. Alumni bisa aktif pada berbagai bidang life skill, soft and hard skill. Alumni dapat mengambil peran sebagai pengusaha, eksekutif perusahaan, politisi, anggota legislatif, aparatur sipil negara/ASN, pendidik/Guru/dosen, dan sebagainya.

Belum lagi interaksi antar alumni. Almamater dapat menjadi fasilitator pertemuan alumni. Dalam pertemuan para alumni terjadi interaksi yang kondusif. Misalnya, ada bantuan alumni kepada alumni lain, membuka peluang usaha bersama, kolaborasi. Bisa juga peluang pekerjaan. Hal itu tentunya dengan semangat mengedepankan profesionalitas. Menggabungkan kompetensi yang dimiliki dengan kebutuhan yang ada. Kekeluargaan yang harmonis saling mendukung antar alumni menjadi kontribusi positif bagi masyarakat.

Peran itu yang membuat alumni berada dalam posisi itu sangat strategis. Penting dan mendesak sebagai salah satu pilar pengembangan almamater di masa depan. Sehingga kerja sama almamater dengan alumni melalui berbagai potensi yang ada, sangat perlu ditumbuhkembangkan.

Pimpinan dan dosen Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (JTM UB) menangkap sinyal itu. Tentunya, peran strategis tersebut dapat lebih mantap posisinya, bekerja sama dengan Ikatan Alumni Teknik Mesin Universitas Brawijaya (IKA TMUB).

_Ir. Djarot B. Darmadi, MT., Ph.D & Ari Wijaya, ST., MM., ASCA_

Silahkan share jika bermanfaat!

This Post Has One Comment

Leave a Reply

one × one =