Terus Lebih Baik, Lebih Baik Terus

Competitor

Rekan saya yang satu ini sangat membanggakan. Setidaknya itu ukuran saya lho. Apa pasal ? Dia wirausahawan muda. Jatuh sekira tujuh tahun lalu. Itu bukan melemahkannya. Ia kini justru tumbuh besar. Meski ia belum mau dikatakan besar.

Beberapa tahun terakhir ini ia mengelola bisnis dengan sentuhan manajemen modern. Dan yang lebih penting lagi, saya lihat ia perbaiki proses bisnisnya setapak demi setapak. Tidak buru-buru ingin besar.

Ketika bagian produksi ada kendala, ia lakukan analisis. Alhirnya ia punya kesimpulan. Keputusan ia jatuhkan untuk menyerahkan sebagian proses produksinya kepada orang lain. Desain tetap ia pegang.

Pas sales menurun, ia pun melihat lagi proses bisnisnya. Cepat tanggap. Ia ubah sales & marketing. Ia pun akhirnya tidak menolak mendapat order dari perusahaan lain yang notabene adalah pesaingnya saat ikut tender. Pesanan pun membludak. Meski ia harus rela label miliknya tidak bisa dicantumkan.

Masih banyak aksi pelan tapi pastinya dalam melakukan perubahan proses bisnisnya.

Buah dari upaya tak kenal lelahnya mulai ia petik. Kini, ia disegani dikalangan pebisnis UMKM garmen. Faktor Quality, Cost & Delivery menjadi senjata ampuhnya. Sangat kompetitif. Ia pun ditakuti oleh pengusaha pakaian dan seragam. Kesempatan berbagi pengalaman sebagai nara sumber pun mengalir deras. Amanah sebagai Ketua Asosiasi pebisnis lokal pun disandangnya. Ia juga berhasil menumbuhkan pebisnis baru. Ibarat jawara, bisnisnya menjelma menjadi ‘pendekar pilih tanding’.

Henry Ford pernah memberikan petuah :

“The competitor to be feared is one who never bothers about you at all, but goes on making his own business better all the time”

Apakah usaha sahabat sejenis dengan rekan saya tadi ? Wow, terbayang, bukan ? Sahabat bakal punya pesaing yang patut ditakuti. Apakah bisnis sahabat mau menjadi perusahaan yang ditakuti dan disegani ?

Mari kita melakukan perubahan pada proses bisnis agar menjadi lebih baik, terus lebih baik. Tumbuh berkembang.

 

Salam Terobosan ! Terus berkarya untuk negeri !

This is ariWAY

Kontak WA : 081 1166 1766, jika sahabat ingin berdiskusi lebih rinci.

Jika artikel ini membawa manfaat, silakan disebarluaskan.

Saya juga mengundang sahabat untuk mengikuti Forum Terobosan dalam Proses Bisnis dengan meng ‘klik’ link di bawah ini :

https://www.facebook.com/groups/1142862102437435/?fref=ts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *