Wedhus by Oki Rachmatullah

Wedhus by Oki Rachmatullah

Saya kemarin mendapat sebuah cerita berharga dari teman saya.  Dia adalah alumni Gontor yang mendapat amanat sebagai penyelenggara haji dan umroh.
Suatu ketika ketika ada kunjungan KH Syukri Zarkasyi ke rumahnya. Dia kemudian memperlihatkan kepada Kyai tentang bagaimana usahanya. Termasuk keberhasilannya dalam membangun usahanya.  Kyai Syukri mengangguk-anggukkan kepalanya,  sampai akhirnya teman saya tadi selesai bercerita.
Kyai Syukri spontan berkata :
“Wedhus.. kambing kamu…!! Kalau manusianya bisanya cuma kawin punya anak,  punya rumah,  punya mobil, dan ndak mengajar,  itu bukan mental pejuang… mentalnya kambing.. ndak ada bedanya dengan kambing.. Kamu lulusan Gontor ndak boleh hanya jadi kambing. Lulusan Pakistan kok cuma bisa bikin travel umroh. Ngajar kamu..! Ngajar ke ISID (saat ini ISID berganti nama menjadi Unida, Universitas Darussalam) sana..!!  Biar ndak jadi kambing..!! “
Bak tersengat aliran listrik rasanya.  Maka dia segera menghubungi staf ISID untuk mengajar di sana. Sampai saat ini,  dia masih mengajar di Unida,  meskipun bukan di kampus utama di Siman, Ponorogo.
Kyai Syukri faham. Kita butuh penghidupan layak. Istri yg menarik dan anak-anak sebagai penerus cita-cita. Tapi jika tidak kita ikuti dengan “berjuang”. Memperjuangkan agama ini, maka sirnalah eksistensi kita sebagai manusia. Karena kami adalah alumni pesantren. Utamanya Gontor. Medan perjuangan yang dipilihkan oleh Allah adalah mengajar. Mengajar walau sekecil apa pun.
Kyai Zarkasyi pernah menyampaikan :
“Orang besar menurut Gontor adalah orang yang mau mengajar mengaji kepada anak-kecil di mushola di tengah-tengah hutan. Itulah orang besar menurut Gontor”.
Maka jadi apapun antum,  jadi pengusaha,  jadi politikus,  jadi dokter,  jadi polisi,  jadi tentara, jadi pengacara,  jadi hakim. Atau apapun profesi kita… Jangan pernah lupakan tugas utama kita :
Mengajar!!  
Biar kita ndak jadi kambing….
Disalin dari WA Group dengan penulis asli tertulis Ust. Oki Rachmatullah.
Semoga menjadi amal jariyah beliau.
Silahkan share jika bermanfaat!

Leave a Reply

fifteen + 12 =