Bermental Kaya

Bermental Kaya

“Jangan miskin amal, untuk beramal boleh tanpa uang”.

Kalimat itu adalah salah satu prinsip hidup KH. Imam Zarkasyi, salah satu pendiri Pondok Pesantren Gontor.

Beliau menggambarkan orang miskin amal itu ibarat mobil tanpa bahan bakar. Sebagus dan semahal apa pun mobil itu, jika tidak ada BBM-nya maka tidak akan jalan.

Percuma, tho?

Padahal beli mobil untuk dikendarai. Alias mobil itu harus jalan, dengan berbagai macam tujuannya. Memang kebutuhan untuk mempercepat dan memperbanyak daya angkut. Hingga bisa jadi, cuma buat pamer. Setiap melintas dilirik orang. So, syarat wajibnya mobil yang sesuai tujuannya adalah punya BBM bahkan jika perlu disiapkan cadangannya.

Hidup juga demikian, jika ingin maju dan terus tumbuh, mencapai kesuksesan seperti yang diharapkan, perlu memperbanyak derma. Beramal, berderma atau berbagi itu tidak selalu dengan uang. Bisa dengan tenaga, pikiran dan juga doa kita. Dengan begitu, beramal adalah domain semua orang. Dengan begitu, tidak ada alasan lagi, ketika berbagi menunggu kaya. Semua orang adalah kaya dan bermental kaya. Siapa saja bisa beramal, bederma, berbagi!

Sayangnya, mental miskin dan meminta-minta masih menjangkiti kita. Tidak hanya ada pada diri orang-orang yang memang kekurangan.

Namun, orang yang serba kecukupan juga dihinggapi mental miskin. Apa pasal? Karena orang yang diberi kecukupan, tidak berkenan berbagi. Misal punya ilmu, punya keahlian, tapi disembunyikan, tak pernah sharing knowledge. Merasa masih kurang hebat, belum saatnya, menunggu waktu yang pas. Belum punya pengetahuan yang lain, atau berbagai alasan lainnya. Parahnya lagi, ada perasaan, takut tersaingi. Padahal saat punya ilmu satu yang dibagi saja satu atau setengah. Ibarat pendekar, suatu saat jurusnya bertambah, maka jurusnya pun dibagi. Begitu seharusnya. Bukan menunggu jurus lainnya. Karena kita pun tidak tahu ilmu itu batasnya ada dimana.

Orang bermental kaya tidak harus orang kaya, dan orang kaya belum tentu bermental kaya.

Temukan inspirasi tersebut pada buku : KEY, Lima Modal Kunci Insan Indonesia Memenangkan Persaingan.

#KEY #persaingan #limamodalkunci  #memenangkanpersainga

Silahkan share jika bermanfaat!

Leave a Reply

twelve − 6 =