Es Legend
Salah satu kuliner legendaris Kota Mlaang

Es Legend

ES LEGEND

Oleh: Restu Respati *)

Berawal dari Pak Tamsir yang mulai berjualan sejak tahun 1959, berkeliling dari kampung ke kampung, di sekitar rumahnya di Kampung Sukun Gang 8 Malang. Saat anaknya Joni masuk sekolah dasar, sepulang sekolah diajaknya berkeliling juga. Jika di rumah Joni disuruhnya membantu membuat adonan es jualannya. Saat Joni mulai beranjak remaja, Joni mulai mandiri berjualan sendiri dengan gerobak yang berbeda. Dan pada akhirnya Joni setiap harinya mangkal berjualan di Jalan Tanimbar di depan SMK Negeri 4 Malang. Ini berlangsung sekitar tahun 1990-an.

Es Legend ini sebenarnya adalah Es Santan Ketan Hitam. Disebut Es Legend karena minuman ini merupakan kuliner tradisional jaman lawas yang masih ada sampai sekarang. Yang menamai sebagai Es Legend pun sebenarnya adalah para pelanggan yang menganggap bahwa es ini merupakan minuman legendaris khas Malang.

Es Legend atau Es Santan Ketan Hitam ini berisikan komposisi parutan es batu, santan, ketan hitam, dawet berwarna merah, yang dicampur menjadi satu dalam sebuah gelas, kemudian disiram dengan sirup berwarna merah. Sebagai pelengkap bisa ditambahkan roti tawar yang juga disiram sirup berwarna merah di atasnya. Yang menjadikan Es Legend ini sangat istimewa adalah roti dan sirup berwarna merah ini tetap tidak berubah cita rasanya dari dulu.

Pemandangan yang lucu dan membawa kita kembali ke masa kecil adalah saat para penikmat es legend ini mulai menyantapnya. Hampir semuanya memulai dengan mencelupkan roti ke dalam gelas es, baru kemudian menyantapnya.

Harga Es Legend ini cukup murah, segelas hanya Rp. 3.000, dan tambahan roti tawar hanya Rp. 1.000,. Cukuplah minum berdua bersama pasangan dengan modal Rp. 10.000 bahkan ada kembalian Rp. 2.000.

.

*) Restu Respati adalah Pemerhati Cagar Budaya. Pegiat sejarah ini juga didapuk sebagai Ketua Jelajah Jejak Malang. Ulasan terkait warisan budaya dan hasil pengamatan bangunan bersejarah khususnya di Kota Malang banyak di tulis di Teraskota.id

Silahkan share jika bermanfaat!

Leave a Reply

9 − five =