Inilah Dedikasi Kami untuk Indonesia

Buku Penulis Pertamina

Inilah Dedikasi Kami Untuk Indonesia

by : Dwi Wahyu Daryoto *)

 

Hari ini kita semua menyaksikan…
Sebuah batu bata kembali terpasang pada bangunan cita-cita menjadikan Pertamina sebagai perusahaan kelas dunia yang unggul dan bermartabat…

Satu lagi sejarah tertoreh…
Sebuah buku kumpulan pemikiran insan-insan pertamina kembali lahir…

Lima puluh sembilan karya tulis dari para pelaku sejarah di perusahaan kita tercinta, berhasil kita rangkum menjadi pelengkap bagi keberhasilan yang telah kita capai hingga 59 tahun Pertamina berkarya…

Tahun 2015 dan 2016, berkat komitmen dan kerja keras kita bersama, kita berhasil melakukan pembenahan yang mampu meningkatkan efesiensi milyaran US$. Ini akan meningkatkan daya saing kita di lingkungan yang kian kompetitif.

Kita juga sukses membukukan keuntungan bersih sekitar 3 miliar dolar amerika atau dua kali lipat lebih dari capaian kita di tahun 2015.

Kita juga berhasil menginisiasi program BBM satu harga di seluruh Nusantara, meski pelayanan ini harus terus kita sempurnakan, namun saya yakin manfaatnya bagi Negeri kita tercinta khususnya saudara saudara kita yang berada di pelosok sangat berarti.

Untuk menjaga keberlangsungan usaha, Kita akan terus fokus mengelola Profit, People dan Plannet..

Insan Pertamina yang saya banggakan…

Usia jabatan kita apapun tingkatannya dapat diukur…3, 5, 10, 20 atau bahkan 30 tahun ……berapapun lamanya…pasti ada batas dan ada akhir.

Begitupun usia kita di dunia ini…ada batas dan ada akhir…

Namun usia sebuah karya intelektual yang lahir dari komitmen dan dedikasi yang tinggi, ia dapat dikenang selamanya… tak lekang oleh waktu.

Para penulis dalam buku ini bisa saja, lusa atau tahun depan masuk masa purna bakti, namun sumbangsihnya pada Pertamina akan tercatat dan dikenang selamanya. Buku ini menjadi saksi.

Insan Pertamina yang saya cintai…

Jangan pernah berhenti berkarya, terus berjuang menegakkan cita-cita untuk keberhasilan Pertamina…

Menjadi baik saja tidak cukup…Menjadi baik adalah hal mudah…cukup berdiam diri dan tak perlu berbuat apa-apa maka yang tampak adalah kebaikan…

Yang sulit adalah menjadi BERMANFAAT, karena itu butuh perjuangan, komitmen dan dedikasi…

HOS Tjokroaminoto, founding father kita mengingatkan kepada kita bahwa keberhasilan perjuangan ditentukan oleh tiga hal:

“Setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat”.

“setinggi-tinggi ilmu” dapat kita maknai sebagai center of excellence, terus tingkatkan kompetensi, bergerak dan bertindak berdasarkan informasi dan fakta yang akurat.

“semurni-murni tauhid” dapat kita maknai sebagai kelurusan niat, tegakkan integritas, bahwa seluruh yang kita lakukan untuk pengabdian dan ibadah.

“sepintar-pintar siasat” dapat kita terjemahkan sebagai perencanaan, strategi dan taktik yang cemerlang, resilient, yang tangguh menghadapi setiap perubahan dan tantangan.

Buku hasil karya insan pertamina ini adalah bagian dari center of excellence itu, sebagai pagar bagi kelurusan niat kita untuk terus menjaga integritas serta sekaligus sebagai pemantik lahirnya strategi unggul untuk keberhasilan perjuangan kita bersama …

Untuk Pertamina Jaya….

Untuk Indonesia Sejahtera.

 

 

*Dwi Wahyu Daryoto adalah Direktur SDM, Teknologi Informasi & Umum, PT. Pertamina (Persero). Tulisan tersebut merupakan refleksi beliau yang dibacakan pada saat closing acara Bedah Buku dan Peluncuran Buku “Inilah Dedikasi Kami untuk Indonesia” di Lobby Ground Gedung Utama Kantor Pusat Pertamina, 31 Januari 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *