Jadikan Ia Kekasihmu

Pekan Olahraga Nasional kembali berlangsung. Perhatian pun tertuju ke tanah Sunda sebagai tuan rumah. Apa olahraga favorit sahabat ? Saya yakin punya jawaban beragam. Sepakbola bisa jadi tetap dominan. Kalau saya, suka atletik. Bukan tanpa alasan. Saya pernah jadi sprinter tingkat Porseni saat sekolah dasar hingga SMA. Eh.. nggak percaya, ya ?

Sahabat, ada cabang atletik yang tidak sepopuler lari sprint 100 meter. Ia unik karena memadukan lentingan galah dan lompatan sang atlet. Jika galah yang dipakai nggak pas, sehebat apa pun sang atlet, bisa tak melewati target. Pemilihan galah menjadi salah satu hal kunci. Galah pun seakan jadi guling saat tidur. Dirawat sepenuh hati. Menyatu. Iya betul, itu cabor lompat galah. Galah dulu ada yang memakai bambu atau rotan. Sesuai kemajuan teknologi bahan, berkembang menjadi berbahan alumunium. Dewasa ini digunakan fiber glass sebagai bahan galah.

Perpaduan galah dan atlet. Perumpamaan yang saya setarakan dengan bagaimana melakukan pengembangan vendor yang kita punya.

Perusahaan kita berkembang, salah satunya berkat kontribusi pemasok. Tentunya supplier pun juga harus turut maju. Sepakat, bukan ?

Ibarat pasangan hidup, maka kita harus berusaha saling merawat. Memupuk asa bersama. Mau berbagi duka dan bahagia. Mencari solusi bersama.

Ada Kiat Tigaka (3K) yang akan saya ketengahkan dalam kesempatan ini.

Keterbukaan informasi.

Berikan informasi rencana perusahaan. Baik penjualan atau peluncuran produk/jasa baru. Minta pemasok menjabarkan bisnisnya. Sehingga, kedua belah pihak saling memahami bisnis. Harapannya, vendor akan memberikan layanan dan solusi atas kebutuhan kita. Tidak sekedar bicara harga.

Kerjasama menghasilkan value.

Ajak vendor melakukan kerjasama jangka panjang. Jadikan ia mitra strategis. Sehingga fokus berpindah. Tidak hanya sekedar mendapatkan harga termurah. Tolok ukurnya pada mutu sesuai dengan harga yang telah dibayarkan. Ini yang disebut value. Pemasok akan berusaha memberikan the best offering yang misalkan di dalamnya termasuk pengelolaan persediaan, after sales services untuk memenuhi spesifikasi yang kita sodorkan. Vendor memberikan solusi yang meringankan beban kita.

Komitmen

Ciptakan rasa saling membutuhkan. Kita punya keinginan untuk tumbuh dan maju pesat. Tentunya perlu dukungan penuh dari vendor. Pemasok pun bisa meminta sebaliknya. Misalkan perencanaan yang baik, pembayaran yang on time. Komitmen yang saling menumbuhkan sangat penting. Terlebih ketika terjadi perubahan drastis yag di luar jangkauan. Berbeda jauh dari rencana awal. Sehingga yang tumbuh adalah niat dan tindakan mencari solusi.

Ibarat pertemanan, vendor bukan teman biasa. Jadikan vendor kekasihmu. Karena ketika pertalian itu lebih erat dan serius, beda rasa dan aksi. Kekasih yang pas akan memberi semangat untuk mencapai lebih.

Mari sahabat kita rehat sejenak. Kita putar ulang kondisi yang ada. Apakah posisi pemasok sahabat masih layaknya teman biasa ? Atau bahkan sering putus sambung ? Kalau ya, mari segera resmikan menjadi kekasih.

Salam Terobosan !

This is ariWAY

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *