Leadership Engines

Leadership Engines

Leadership Engines
By : Ari Wijaya, Master G-Coach

 

Awal tahun menjadi salah satu waktu sibuk. Tak terkecuali bagi organisasi apa pun. Profit maupun non profit.

Galibnya mereka memberikan apresiasi kepada pencapaian periode sebelumnya. Memberi penghargaan terhadap pihak-pihak yang terlibat. Ucapan syukur dan terima kasih. Willing to share achievement.

Selain itu juga menyusun rencana ke depan. Termasuk target yang akan dicapai. Target berupa angka terukur sangat disarankan. Set clear goals. Tak jarang target dipasang setelah membongkar proses bisnis. Mengurangi atau bahkan menambahkannya. Untuk mendapatkan proses yang lebih efisien. Menghasilkan output lebih baik. Challenge The Process.

Leader dalam hal ini memegang peranan penting. Ia harus punya rasa percaya diri yang tinggi. Meyakinkan bahwa target itu, meski menantang tapi bisa dicapai. Self Confident. Ia harus mampu meramu tim. Menempatkan orang yang pas. Perbedaan menjadi sumber daya yang dahsyat. Aligning People. Target yang menantang akan menghasilkan output menggembirakan. Bisa berpotensi membawa perubahan baru. Produces change

Leader perlu juga memberdayakan anggota timnya. Termasuk memberikan pelatihan, sharing knowledge dan pendampingan yang sesuai. Pengetahuan dapat diperoleh dari dalam organisasi. Atau hasil benchmark kepada perusahaan/organisasi lain. Continually Learning. Hal itu menjadi modal penting saat ia memberikan mandat ke beberapa orang termasuk kepada tim yang langsung berhadapan dengan pelanggan. Delegates to the front line.

Ladership engines yang meraung-raung, insya Allah dapat target dicapai dengan bahagia.

 

Catatan : foto diambil dari koleksi pribadi Pak Anies Baswedan.

Silahkan share jika bermanfaat!

Leave a Reply

five − two =