Mobil Pemadam

Pagi ini saya berkhayal. Maklum, belum banyak yang bisa saya kontribusikan untuk membantu saudara kita yang terkena dampak asap/kebakaran hutan.

Hujan belum juga dapat mengurangi banyak akibat yang ditimbulkan atas kebakaran. Bisa jadi area yang terbakar jika digabung sudah setara luasnya wilayah propinsi.

Saya berandai-andai, industri strategis Indonesia seperti Pindad, membuat kendaraan pemadam kebakaran amphibi yang bisa mengangkut air dari kanal dan berjalan di bara api terus dibelakangnya ada semacam garu untuk membalik tanah.

Bayangan saya sih… ia menyedot air, menyimpan di tangki, dan berjalan menuju sumber kebakaran sembari menyemprotkan air memadamkan api. Seperti mobil water canon-nya polisi kalau menghalau demonstran. sedainnya : gabungan dari kendaraan berat (pakai rantai seperti tank atau tractor, tangki seperti pemadam, bisa mengapung seperti tank amphibi, dan punya daya semprot seperti mobil water canon-polisi, serta penumpang/driver plus operator tetap aman dan nyaman di dalamnya. Besarnya sekira sebesar truk yang biasa mengangkut tanah/pasir itu. Bukan apa-apa, ia agar beroperasi lebih efisien, tidak terlalu sering bolak-balik ambil air.

Ayo teman-teman yang jago desain, monggo diexplore lebih dalam dan membantu memberikan pilihan gambar teknik atau gambar reka yang bervariasi.Kita kirimkan kepada Pindad atau perusahaan manufaktur alat berat sekelas United Tractors, Trakindo, Barata, atau yang lainnya.

Kebakaran hutan jika belum diatasi hingga akar masalahnya, bukan tidak mungkin akan terjadi lagi dan berulang. Sehingga langkah antisipatif, di samping pemberian pengetahuan/awareness kepada semua pihak, pola penanaman yang diatur (misal ada jarak yng cukup untuk jalan kendaraan), serta mengembangkan kendaraan khusus pemadam kebakaran.

Just pikiran selintas, karena belum bisa berbuat dan berkontribusi banyak untuk turut menyelesaikan kebakaran hutan dan asap yang berdampak luas itu.

Semoga upaya kita dicatat sebagai ikhtiar hambaNYA dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Selalu ada jalan, asal kita mau.

Turut mendoakan kepada semua pihak yang terdampak asap. Semoga ujian Allah SWT itu cepat belalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *